biocomputing mungkin masih asing kata ini di telinga temen-tema. tetapi inilah teknoligi yang baru di bidang komputer. biocomputing sebenarnya mempunyai 2 arti yang saling abiguitas(membingungkan). Arti yang pertama adalah sebuah kontruksi dan pengunaan komputer dengan memiliki fungsi seperti organisme(makhluk hidup) atau memiliki sebuah komponen biologi. pengertian ini lebih dikenal dengan biocomputers dan mengarah ke DNA computing. sedangkan arti kedua adalah komputer yang di gunakan untuk penelitian biologi. ini lebih dikenal dengan bioinformatics. 
jadi terlihat bahwa biocomputing itu dilihat dari sudut pandang mana kita melihat. dari sudut teknologi komputer atau teknologi penelitian biologi. pada artikel ini akan sedikit membahas tentang kedua hal itu agak tidak terjadi ambiguitas. 

Biocomputers menggunakan sistem berasal molekul biologis seperti DNA dan protein , untuk melakukan komputasi perhitungan yang melibatkan menyimpan, mengambil, dan pengolahan data. Biocomputers menggunakan bahan biologis yang diturunkan untuk melakukan fungsi komputasi. biocomputer terdiri dari sebuah jalur atau rangkaian jalur metabolik(metabolisme) yang melibatkan bahan biologi yang di rekayasa untuk berprilaku dengan cara tertentu  berdasarkan pada kondisi (input) dari sistem. jalur yang di hasilkan reaksi yang terjadi merupakan sebuah output, yang di dasarkan pada desain rekaya biocomputer dan dapat di tafsirkan sebagai bentuk analisis komputasi.

Bioinformatics adalah aplikasi statistik dan ilmu komputer untuk bidang biologi molekular. istilah ini  diciptakan oleh Paulien Hogeweg pada tahun 1979 untuk studi proses informayika sistem biotik. penguanaan bioinformatics sering digunakan sejak 1980-an pada  genomics dan genetika. terutama di wilayah genomics berskala besar yang melibatkan sekuensing DNA. Bioinformatics sekarang mencakup pembentukan dan kemajuan database, algoritma, teknik komputasi dan statistik dan teori untuk memecahkan masalah formal dan praktis yang timbul dari pengelolaan dan analisis data biologis.Lebih dari perkembangan pesat beberapa dekade terakhir di genomik dan teknologi lainnya molekul penelitian dan perkembangan teknologi informasi telah bergabung untuk menghasilkan sejumlah besar informasi yang berhubungan dengan biologi molekular. jadi bioinformatics adalah nama yang diberikan untuk pendekatan-pendekatan matematika dan komputasi yang digunakan untuk kumpulan tentang pemahaman proses biologi. kegiatan umum di bioinformatics termasuk pemetaan dan analisis DNA dan urutan protein, menyelaraskan perbedaan DNA dan urutan protein untuk membandingkan,membuat dan melihat model 3D dari struktur protein.

Secara detail penjelasan ini akan di lanjutkan pada artikel selanjutnya.

sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Bioinformatics
http://en.wikipedia.org/wiki/Biocomputer

http://ahmadqusyairi.co.cc